SMP Sains Tebuireng - Setelah tiga tahun vakum akibat masa pandemi Covid-19, akhirnya pada hari Ahad (25/05/2023) Yayasan KH. M. Hasyim Asy'ari kembali menyelenggarakan Wisuda Purna Siswa tingkat SDI, beserta SMP/MTs sederajat dan Senin (26/05/2023) jenjang SMA/MA sederajat. Acara yang dilangsungkan di halaman SMA A. Wahid Hasyim ini turut dihadiri oleh KH. Abdul Hakim Mahfudz selaku Pengasuh Pesantren Tebuireng, Dzuriyah Tebuireng, Mudir Bidang Pembinaan Lembaga Pendidikan beserta Mudir Bidang Pembinaan Pondok Pesantren Tebuireng, Kemenag Kabupaten Jombang, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Perwakilan Polsek Diwek, Perwakilan Koramil Diwek, seluruh dewan Guru dan Karyawan dalam naungan Yayasan KH. M. Hasyim Asy'ari, Wali Santri dan juga para undangan. 

Berdasarkan laporan panitia penyelenggara, Wisuda Purna Siswa Yayasan KH. H. Hasyim Asy'ari Tahun 2023 diikuti 1489 peserta didik dari berbagai unit Pendidikan di Pesantren Tebuireng. Mulai dari SDI Tebuireng Ir. Soedigno, jenjang SMP/MTs sederajat dan juga SMA/MA/SMK sederajat yang dibagi dalam dua kali pelaksanaan.

Tema Wisuda Purna Siswa kali ini adalah "Meneguhkan Kesalafan, Memajukan Peradaban, Serta Membangun Persatuan." Pengambilan tema yang menitik beratkan pada poin kesalafan tersebut karena pengasuh berharap seluruh wisudawan dan wisudawati terus menjaga nilai kesalafan yang telah ditanamkan di pesantren. Sehingga kedepannya ketika sudah tidak lagi berada di pesanten dan terjun di masyarakat mampu menjadi penerang dan memberikan manfaat positif di tempat tinggal masing-masing.

Turut hadir pula Wakil Bupati Semarang, H. Basari selaku perwakilan wali santri yang ditunjuk untuk memberikan sambutan. Beliau selaku perwakilan wali santri Pesantren Tebuireng mengucapkan banyak terimakasih kepada para kiai dan juga jajaran guru yang tiada lelah mendidik putra-putri mereka selama menimba ilmu di pesantren. 

"Saya sebagai perwakilan wali santri mengucapkan banyak terimakasih kepada para kiai dan juga jajaran guru yang selama tiga tahun telah mendidik putra-putri kami, karena saya pribadi sangat merasakan perubahan yang terjadi pada hati kami," terang H. Basari.

Ketika sedang di rumah, imbuh H. Basari, putra-putri kami istikamah membaca Al Qur'an, Shalat Berjamaah di Masjid, Puasa Senin Kamis dan juga ibadah-ibadah lainnya yang rutin dilaksanakan di pondok. Melihat ketekunan yang dilakukan buah hati tentu membuat kami sebagai orang tua merasa malu dan akhirnya turut melaksanakan ibadah lebih tekun.

Sebagai penutup sambutan, H. Basari memohon maaf atas segala perbuatan maupun ucapan yang kurang baik selama menimba ilmu di Pesantren Tebuireng. Selanjutnya, beliau juga memohon doa restu semoga seluruh wisudawan-wisudawati memperoleh ilmu yang barokah dan manfaat dunia maupun akhirat.

Berikut sedikit potret pelaksanaan Wisuda Purna Siswa tingkat SDI, SMP/MTs Sederajat Yayasan KH. M. Hasyim Asy'ari Tahun 2023 :

Achmad Danendra Pratama sebagai perwakilan siswa menyampaikan sambutan









Lebih baru Lebih lama