What is the importance of Tabayun?

Inspirasi Story - Pertanyaan ini muncul ketika seorang guru menemui peserta didiknya melakukan sebuah masalah atau kesalahan. Dulu, memberikan sanksi atau hukuman menjadi cara ampuh. Namun ternyata salah. Sebagai seorang guru alangkah lebih baikknya melakukan Tabayun terlebih dahulu dengan peserta didik bersangkutan. 

Menurut Aryo Bima, dkk (2019) dalam jurnalnya berjudul "Defining Tabayun as a Psychological Attribute : Study of Thematical Exploration," menyatakan bahwa Tabayun merupakan sebuah sikap atau perilaku untuk memeriksa, mengkritisi dan mengklarifikasi informasi yang belum pasti dan tidak tergesa-gesa menyebarkan informasi tersebut secara umum. 

Dalam Tabayun ada 4 (empat) aspek yang berkaitan :
  1. Critical Thinking. Berfikir kritis, mencari sumber kebenaran, menyaring informasi dan tidak mudah percaya pada suatu hal yang belum pasti.
  2. Self Control. Tidak langsung menyebarkan informasi yang belum pasti, berhati-hati dan tidak terburu-buru.
  3. Open Minded. Berfikiran terbuka, saling toleransi, dan menjadi lebih bijak dalam menerima informasi.
  4. Information Seeking Behavior. Memiliki sikap mencari tahu, mengklarifikasi, bertanya kepada yang lebih ahli dalam memutuskan informasi yang diterima.
Melalui sedikit pemaparan di atas memberikan penjelasan bahwa begitu pentingnya Tabayun bagi semua orang, terlebih bagi seorang pendidik. Dengan memiliki sikap Tabayun, diharapkan bisa membangun seseorang agar lebih bersikap sabar, bijak dan berhati-hati dalam menerima, menyebarkan atau bahkan memutuskan suatu permasalahan yang sedang dihadapi.

*)diolah dari berbagai sumber
*)disampaikan oleh Rahmat Agung Hidayatullah, S.Pd

Lebih baru Lebih lama