Achmad Firmansyah, S.Pd

وَ لَا حُزْنٌ يَدُوْمُ وَلَا سُرُوْرُ # وَلَا عُسْرٌ عَلَيْكَ وَلَا رَخَـاءُ
Artinya:
Tiada kesedihan yang kekal begitu juga dengan kebahagian # tiada kesusahan bagimu (yang kekal) begitu juga dengan kemudahan. 

إِذَا مَا كُنْتَ ذَا قَلْبٍ قَنُـوْعٍ # فَأَنْتَ وَمَالِكُ الدُنْيَـا سَوَاءُ
Artinya:
Jika engkau Punya hati yang Qona'ah # maka engkau sama/setara dengan Raja Dunia.
-Syair Imam Asy Syafi'i-

Inspirasi Story - Semua umat manusia pasti memiliki masalah, baik ringan ataupun berat. Semua tergantung pribadi masing-masing dalam menyikapi. 

Sebagai penguat atau dasar menjalani kehidupan ini, maka bisa dicermati syair Imam Asy Syafi'i di atas. Bahwa berdasar syair tersebut, tidak ada kondisi yang kekal. Seorang manusia tidak akan ada dalam kondisi susah selamanya. Begitu juga bahagia. Tidak mungkin seseorang bahagia seterusnya, pasti ada kalanya susah juga menghampiri. 

Oleh sebab itu, akan lebih indah jika sebagai manusia memiliki sikap Qona'ah. Ketika sudah memiliki sikap Qona'ah, maka seseorang akan senantiasa menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang.

Dengan demikian, hidup seseorang akan terasa ringan dan indah. Jalani kehidupan dengan nikmat sesuai alur yang telah ditetapkan. Jalani setiap langkah dengan niat ibadah supaya bernilai pahala. Yakin bahwa setelah kesusahan pasti ada kebahagian.

*)diolah dari berbagai sumber
*)disampaikan oleh Achmad Firmansyah, S.Pd

Lebih baru Lebih lama