SMP Sains Tebuireng - Rabu (3/4/2024) SMP Sains Tebuireng mendapat kesempatan berharga dengan adanya kunjungan dari Tim Dosen Departemen Anatomi Histologi Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. 

Kedatangan Tim Dosen tersebut bertujuan untuk melaksanakan kerjasama dalam Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SMP Sains Tebuireng, yang nantinya dapat dilakukan pengimbasan kepada seluruh peserta didik.

Pada kesempatan pertama ini, Tim Dosen melaksanakan koordinasi awal bersama mitra pelaksana terkait dari SMP Sains Tebuireng. Harapannya di tahapan-tahapan berikutnya setiap proses dapat berjalan dengan baik.

Kepala SMP Sains Tebuireng, Bapak H. Haerul Anam, S.Pd.I sangat mengapresiasi terlaksananya kerjasama. Alasannya, karena seluruh guru selama bertugas di SMP Sains Tebuireng belum pernah melaksanakan kegiatan pelatihan terkait penulisan karya ilmiah, sehingga dengan adanya kerja sama ini diharapkan  mampu memantik semangat guru-guru untuk menghasilkan karya tulis.

Tidak hanya berhenti kepada guru semata. Ketika guru-guru sudah terbiasa menghasilkan sebuah karya tulis, tentunya harapan berikutnya adalah memberikan pengimbasan kepada peserta didik. 

Terlebih, minat peserta didik SMP Sains Tebuireng dalam hal Penulisan Karya Ilmiah juga tebilang cukup tinggi. Hal itu dapat dibuktikan dari sejumlah keikutsertaan peserta didik dalam beberapa perlombaan Karya Tulis Ilmiah. 

Berkenaan akan hal tersebut, selaku Kepala Sekolah, Bapak H. Haerul Anam, S.Pd.I sangat menyambut baik keterlaksanaan kerjasama ini.

Tahapan beriktnya, Tim Dosen Departemen Anatomi Histologi Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya akan datang kembali dengan agenda pelatihan penulisan karya ilmiah yang dilakukan secara 3 (tiga) seri secara bertahap.

Satu seri nantinya akan dilakukan dalam satu hari. Seri pertama akan diisi dengan Penyusunan Latar Belakang dan Tinjauan Pustaka, Seri kedua yakni Penyusunan Metode Penelitian, dan yang terakhir adalah Penyusunan Karya Ilmian dan Publikasi.

Setelah tiga seri tersebut terlaksana, tugas Tim Dosen Departemen Anatomi Histologi Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya belum selesai. Tugas berikutnya adalah memberikan tugas kepada guru peserta pelatihan untuk melakukan pengimbasan secara langsung kepada 3 (tiga) peserta didik dalam satu kelompok kecil dengan waktu satu bulan.

Pada tahap ini, nantinya peserta didik akan menghasilkan sebuah karya berupa poster ilmiah. Kemudian poster tersebut juga nantinya akan dikompetisikan dalam lomba "Karya Ilmiah Remaja" dengan satu tema yang ditentukan.

Apabila semua tahap dapat berjalan dengan baik, maka tujuan dari program Pengabdian Masyarakat Tim Dosen Departemen Anatomi Histologi Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya dapat dikatakan berhasil dan semua pihak yang terlibat juga mampu mendapatkan manfaat dari program ini. 

Foto Bersama Tim Dosen Departemen Anatomi Histologi Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya bersama Peserta Pelatihan dari SMP Sains Tebuireng



Lebih baru Lebih lama