Abdul Hamid, S.Pd., Gr

Inspirasi Story - Lebah madu merupakan hewan penghasil madu yang termasuk dalam kelompok serangga pada keluarga Apidae (Ordo Hymenoptera). Tidak kurang dari 1/3 tanaman di Bumi telah diserbukkan oleh lebah. Melalui proses penyerbukan tersebut tentunya sangat membantu tanaman untuk berbunga dan pada akhirnya menghasilkan buah.
        Selain membantu tanaman menghasilkan buah untuk dikonsumsi manusia, sesuai namanya lebah madu tentunya mampu menghasilkan madu yang memberikan manfaat begitu besar bagi tubuh manusia. Bahkan saat ini dengan mudahnya dijumpai orang-orang yang rutin mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan hingga muda mudi yang memanfaatkannya sebagai perawatan wajah serta kulit.
    Berbicara mengenai besarnya manfaat madu, perlu diketahui bahwa proses seekor lebah untuk pengumpulan madu tidaklah mudah. Lebah harus mencari nekhtar bunga dengan cara menghinggapi satu demi satu pohon secara bergantian. Dalam satu hari, seekor lebah madu mampu menghinggapi kurang lebih 500 pohon.
        Setelah menghisap nekhtar bunga, selanjutnya lebah akan kembali ke sarang untuk meletakkan madu. Sesampainya di sarang, lebah tidak langsung meletakkan madu pada tempatnya masing-masing, melainkan membagikan dengan lebah pekerja lainnya dengan cara memuntahkan dan kemudian sisanya baru dihisap lagi. Setelah itu baru diletakkan pada tempat seharusnya.
      Di dalam satu sarang atau koloni, tentu bisa dipastikan terdapat satu ratu lebah sebagai ketua komando. Sebagai ketua koloni, ratu lebah tentunya harus bisa mengontrol dan menjaga kekompakan kawanan lebah pekerjanya supaya mampu bekerjasama mengumpulkan madu dengan baik.
      Seekor ratu lebah sejatinya tidak akan bertahan selamanya, pasti suatu saat ada masanya akan tiada dan kemudian digantikan penerusnya. Walaupun bisa berganti ratu, tetapi peran seorang ratu lebah akan tetap sama seperti pendahulunya.
       Melalui sedikit kisah perjalan lebah madu di atas, sangatlah banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik. Pertama bisa dibayangkan apabila populasi lebah madu punah, maka pohon-pohon tidak akan berbuah dan akibatnya manusia pun akan kekurangan makanan. Selain pohon tidak berbuah, madu dengan begitu besar manfaatnya juga akan hilang. 
        Atas peran vital dari hewan kecil dengan sejuta manfaat ini tentunya kita diberikan pelajaran supaya tidak mudah meremehkan hal yang sangat kecil sekalipun, karena bisa jadi hal kecil tersebut ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi diri kita. Pelajaran berharga berikutnya adalah tentang kepemimpinan ratu lebah, walaupun bisa berganti setiap saat tetapi peran sebagai pemimpin tetaplah sama dan tidak ada yang berebut kekuasaan.
        
Oleh         : Abdul Hamid, S.Pd., Gr
*)Diolah dari berbagai sumber
Lebih baru Lebih lama