H. Haerul Anam, S.Pd.I

Inspirasi Story - Menolong antar sesama tidak harus melulu menunggu seseorang meminta bantuan kepada kita terlebih dahulu. Bisa saja kita melakukan suatu perbuatan atau tindakan yang menurut kita sangat sederhana tetapi di sisi lain tanpa disadari sebenarnya dapat memudahkan pekerjaan orang lain.

        
Satu contohnya adalah menghabiskan minuman kemasan gelas yang telah kita minum, selanjutnya dibersihkan pula tutupnya kemudian baru dibuang ke tempat sampah. Jika berkenan, gelas bekas air mineral tadi bisa juga ditumpuk beberapa terlebih dahulu baru setelah itu dibuang di tempat yang sudah tersedia.


        Kegiatan-kegiatan seperti itu memang sangat sederhana akan tetapi memberikan dampak sangat luar biasa bagi orang lain. Terlebih, tanpa disadari kita juga sering menyia-nyiakan minuman gelas yang sering didapatkan ketika mengikuti acara tertentu. Sebagian besar di antara kita hanya minum sedikit kemudian ditinggal berantakan tercecer begitu saja.

        Memang benar, pemungut barang tidak terpakai akan senang jika mendapatkan ataupun menjumpai barang tidak terpakai tercecer begitu saja. Karena barang-barang tersebut merupakan ladang rezeki bagi mereka. Tetapi, alangkah lebih baik lagi bagi kita jika melalui perbuatan sederhana tadi dapat meringankan pekerjaan orang-orang tersebut.

    
    Tanpa disadari, berkat melakukan hal-hal sederhana seperti itu kita dapat membahagiakan orang lain dan secara tidak langsung bisa menjadi amal kebaikan bagi siapapun yang melakukan hal tersebut. Bahkan, bisa jadi orang-orang yang merasa terbantu itu turut mendoakan kita.


        Oleh sebab itu sebagai sesama umat manusia mari kita saling berbuat baik dengan sesama. Tidak usah dari hal-hal berat, cukup melalui pekerjaan sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Oleh : H. Haerul Anam, S.Pd.I


Lebih baru Lebih lama