Ade Novit Rachmawan, S.Psi

Inspirasi Story –
Kisah inspirasi kali ini berasal dari seorang ulama kaya raya dengan segala kelengkapan dan kemewahan yang dimilikinya. Suatu ketika ulama kaya raya tersebut berkeinginan untuk mencoba kebenaran salah satu ayat Al-Quran yang menjelaskan bahwa seluruh makhluk hidup di Bumi sudah memiliki takdir dan rezekinya masing-masing.

Pada akhirnya, ulama kaya raya tersebut pun pergi meninggalkan kediaman beserta segala kemewahannya ke tengah hutan belantara tanpa berpenghuni yang kemungkinan tidak membuatnya berjumpa seseorang. Setelah melakukan perjalanan cukup jauh, akhirnya ditemukan sebuah goa tak terjamah penuh sarang laba-laba dan digunakannya untuk berteduh. Karena saat itu sedang terjadi hujan cukup lebat.

Seketika, ulama itu pun akhirnya berpikiran jika ayat tersebut akan terpatahkan, sebab kemungkinan untuk bertemu seseorang pun semakin kecil. Sehingga ia akan mati kelaparan di tempat tersebut.

Akan tetapi, kenyataannya justru sebaliknya. Beberapa waktu kemudian, terdapat segerombolan pedagang datang untuk berteduh dan menjumpai keberadaan sang ulama. Ketika menjumpai ulama tersebut, otomatis pedagang-pedagang itu pun tekejut karena menjumpai seorang ulama cukup tersohor di goa seperti itu. Otomatis para pedagang pun menyapa dengan mengucapkan salam. Hanya saja ulama tadi berpura-pura bisu supaya tidak ditolong oleh pedagang.

Walaupun berharap demikian, yang terjadi adalah sebaliknya. Pedagang-pedagang itu pun kian tidak tega melihat keadaan sang ulama dan kemudian langsung menyuapi dengan bekal yang telah dibawa. Setelah melalui kejadian ini, akhirnya sang ulama tidak memungkiri kuasa Allah mengenai takdir dan rezeki. Semua sudah ada porsinya masing-masing dan Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang diinginkan.

Oleh : Ade Novit Rachmawan, S.Psi
Lebih baru Lebih lama