Ahmad Roghib Muri Kurniawan, S.Pd.I


Inspirasi Story - Birrul walidain atau berbakti kepada orang tua merupakan suatu hal yang diperintahkan dalam agama. Oleh karena itu bagi seorang muslim, berbuat baik dan berbakti kepada orang tua bukan sekedar memenuhi tuntutan norma susila dan norma kesopanan, namun juga memenuhi norma agama, dengan kata lain adalah mentaati perintah Allah dan RasulNya.

Kata lainnya ketaatan kepada orang tua merupakan bagian dari ketaatan kepada Allah. Terlebih ketaatan kepada ibu yang memiliki derajat 3 (tiga) kali lebih tinggi dibanding seorang ayah. Sebab, ibu yang mengandung, melahirkan, dan menyusui.

Selain kepada orang tua, tidak kalah pentingnya juga sebagai umat muslim harus bisa menghormati serta mentaati seorang guru. Di sebuah lembaga pendidikan apapun seorang guru merupakan pengganti orang tua. Selain itu selama berada di suatu lembaga pendidikan, keberadaan seorang guru sangatlah banyak berjasa. Seorang guru telah mengajarkan banyak hal. Mulai dari membaca, menulis, menghitung, serta mengajarkan banyak norma-norma lain yang sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Oleh Sebab itu, sebagai seorang muslim sudah seharusnya berperilaku hormat dan taat kepada guru, supaya memperoleh keberkahan dan keberhasilan dalam belajar. Tidak hanya sebatas keberkahan dan keberhasilan dalam belajar, taat serta berbakti kepada orang tua dan guru juga akan membawa seseorang menuju kemudahan dalam menjalani kehidupan.

Satu contoh kecil adalah terijabahnya sebuah pemohonan melalui doa. Memang tidak semua permohonan bisa terijabah dengan cepat atau sesuai dengan waktu yang kita harapkan, tetapi Allah SWT akan mengabulkan permohonan manusia di saat yang tepat.

Terlebih lagi apabila seorang manusia mampu berbakti kepada orang tua dan guru, InsyaAllah setiap permohonan akan lebih mudah dan cepat untuk terijabah. Sehingga dalam menjalani kehidupan pun terasa semakin dimudahkan serta bahagia.

Oleh: Ahmad Roghib Muri Kurniawan, S.Pd.I
*)Cerita berasal dari pengalaman pribadi 
Lebih baru Lebih lama