Peserta ANBK Sesi 1 Bersiap memasuki ruang

SMP Sains Tebuireng - Pada hari ke 2 pelaksanaan ANBK Tahun 2021 ini, jenis soal yang diujikan adalah Literasi Matematika (Numerasi). Literasi Numerasi sendiri merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Inti dari setiap soal yang diujikan berupa mengasah kemampuan nalar peserta untuk memecahkan setiap soal.

Setiap soal akan menyajikan satu teks cerita penjelasan lengkap dengan point sudut pandang soal berbeda-beda, sehingga peserta didik dituntut benar-benar jeli dalam mengerjakan dan menjawab. Melalui soal seperti ini, nantinya peserta didik diharapkan akan mampu menyelesaikan masalah dengan tepat berdasarkan kebutuhan.

Tidak hanya pada soal Numerasi saja, di pelaksanaan hari pertama kemarin pun sama. Peserta didik dituntut untuk teliti membaca satu narasi dengan piont soal yang berbeda pula. Sehingga peserta didik wajib bersabar membaca setiap poin dengan teliti, yang cukup berbanding terbalik dengan kebiasaan membaca sekilas ketika hanya untuk menemukan satu jawaban tertentu.

Kata lainnya melalui pelaksanaan ANBK ini, selain sebagai media pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah pemerintah juga berkeinginan untuk meningkatkan kebiasaan literasi. Supaya sebagai masyarakat Indonesia tidak mudah termakan berita provokatif yang tersebar luas di dunia maya. 

Kembali pada pelaksanaan ANBK Tahun 2021 di SMP Sains Tebuireng, alhamdulillah sejak pelaksanaan di hari kemarin Senin (5/10) tidak ada kendala yang mengganggu kelancaran proses asesmen. Peserta ANBK pun terlihat bersemangat saat memasuki ruang. Semoga di hari ke dua dan terakhir hari ini Selasa (6/10) juga berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan bagi semua pihak. Serta tujuan dilaksanakannya ANBK bisa terpenuhi sesuai target yang telah direncanakan.

Lebih baru Lebih lama