SMP Sains Tebuireng - Pada Senin (4/10) sampai dengan Selasa (5/10), SMP Sains tebuireng bersama sejumlah satuan pendidikan sederajat melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021. Di penyelenggaraan tahun pertama ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memilih sampel 45 anak secara acak sebagai peserta inti dan tambahan 5 peserta lainnya sebagai cadangan.

Asesmen Nasional (AN) merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Ketika mengerjakan peserta didik akan dihadapkan dengan 2 jenis soal, yakni Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, serta merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Berikutnya, Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Selain 2 jenis soal utama tadi terdapat dua jenis survey yang harus dijawab peserta ANBK. Keduanya berupa Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila. Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Tidak hanya peserta didik, guru dan jajaran pimpinan SMP Sains Tebuireng yang terdaftar pada Dapodik juga mendapat jatah untuk mengerjakan Survei Lingkungan Belajar dengan pertanyaan yang lebih mendetil seputar keadaan sekolah. Sehingga penentunya tidak hanya dari peserta didik.

Semoga pada pelaksanaan perdana ini siswa-siswi beserta guru dan jajaran pimpinan SMP Sains Tebuireng yang turut andil dalam pelaksanaan ANBK bisa diberikan kemudahan dalam menjawab semua pertanyaan dan juga kelancaran. Selain peserta, semoga semua proses juga berjalan lancar tanpa harus ada satu hambatan berat yang mengganggu kelancaran proses asesmen.



Lebih baru Lebih lama