Nola Mariyah Yuliani, S.Pd

Inspirasi Story - Pada suatu hari di sebuah hutan, hiduplah seekor kelinci dan kura-kura. Kelinci terkenal sebagai hewan yang dapat berlari kencang daripada hewan lainnya.

Suatu saat, si Kelinci merasa kemampuannya dalam berlari semakin meningkat dan menantang Kura-kura beradu lari sebagai pembuktian. Kura-kura yang terkenal sebagai hewan yang rendah hati pun menyetujuinya, walaupun kemungkinan untuk menang sangat kecil.

Akhirnya, bersama hewan penunggu hutan lainnya bergegas menyiapkan lomba tersebut. Sesuai prediksi, Kelinci yang merasa kemampuan berlarinya melebihi hewan lain itu mampu mengungguli Kura-kura. Walaupun demikian, pelan tapi pasti Kura-kura tetap berlari dengan semangat.

Mendekati garis finis, Kelinci beristirahat di bawah pohon yang rindang hingga sampai akhirnya tertidur. Ia meyakini kemampuan lari Kura-kura yang begitu lambat tidak mungkin mampu melewatinya selama beristirahat.

Tanpa disadari, ternyata Kura-kura mampu melewati Kelinci yang sedang tertidur lelap di bawah pohon tersebut. Kura-kura sangat berhati-hati ketika melintas di depan Kelinci yang tertidur. Sampai akhirnya, Kelinci terbangun karena mendengar sorakan penghuni hutan lainnya ketika memberikan semangat kepada Kura-kura.

Walaupun mampu terbangun dari tidur lelapnya, tetapi saat itu Kura-kura sudah berada di depan garis finis dan mampu memenangkan perlombaan. Akhirnya, Kelinci yang semula sangat sombong dengan kemampuannya harus mengakui kekalahannya tersebut.

Berdasar dongeng Kelinci melawan Kura-kura tersebut, ada beberapa pelajaran berharga yang bisa di ambil. Bila memiliki satu tujuan tertentu, maka harus fokus dan percaya diri dalam mengejarnya. Karena dalam dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, ketika Allah SWT sudah berkehendak semua bisa terjadi.

*)diolah dari berbagai sumber
*)disampaikan oleh Nola Mariyah Yuliani, S.Pd

Lebih baru Lebih lama