Mubadi Atin, S.Pd (Guru Mapel PKn SMP Sains Tebuireng)

Inspirasi Story - Pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pasti sudah sangat familiar dengan istilah "Norma". Ditilik dari segi bahasa, Norma berasal dari bahasa Belanda yaitu norm yang memiliki arti patokan, pedoman, atau pokok kaidah dan bahasa Latin yakni mos yang memiliki arti tata kelakuan, adat istiadat, atau kebiasaan.

Sedangkan menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, norma memiliki arti sebagai aturan maupun ketentuan yang sifatnya mengikat suatu kelompok orang di dalam masyarakat. Dimana norma diterapkan sebagai panduan, tatanan dan juga pengendali tingkah laku yang sesuai. Intinya adalah Norma merupakan satu aturan yang disusun sesuai keadaan masyarakat di satu daerah atau kelompok tertentu.

Jangan sampai norma yang berlaku dalam satu kelompok tidak sesuai keadaan pada lingkungan tersebut, karena tentunya dapat mengakibatkan perpecahan ataupun kegaduhan antar golongan. Oleh sebab itu dalam penyusunan suatu norma memang perlu dilakukan secara bersama-sama, sehingga kehidupan antar warga dalam keseharian bisa berjalan beriringan dengan baik. 

Bahkan apabila dilihat dan dianalisis dari kasus yang belakangan ini kerap terjadi dan tersebar di dunia maya merupakan akibat dari tidak berjalannya suatu norma. Di situ bisa dirunut kebelakang tentang bagaimana cara penyusunannya apakah sudah sesuai dengan keondisi lingkungan atau bahkan kurangnya kesadaran masyarakat atas norma yang berlaku di lingkungan tersebut.

Sebagai Warga Negara Indonesia yang memiliki beragam budaya, suku dan agama, sudah seyogyanya bisa hidup selaras berdampingan dengan cara saling menghormati serta menghargai satu sama lain. Jangan sampai lupa, sejatinya manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Oleh sebab itu, demi menanamkan kebiasaan tersebut sedari dini sebagai tenaga pendidik mapel PKn sangat terbantu dengan metode permainan drama antar sesama teman. Melalui metode ini, antar teman bisa saling mengingatkan dan lebih sadar tentang norma apa yang berlaku di lingkungannya.

Oleh : Mubadi Atin, S.Pd (Guru Mapel PKn SMP Sains Tebuireng)
*) diolah dari berbagai sumber

Lebih baru Lebih lama