Inspirasi Story -  

فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ ۖ إِنِّي لَكُمْ مِنْهُ نَذِيرٌ مُبِينٌ
"Maka segeralah kembali kepada (mentaati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu." QS. Az Zariat Ayat 50

Kutipan QS. Az Zariyat ayat 50  di atas selaras dengan pengalaman hidup yang pernah dialami oleh salah satu Guru BK SMP Sains Tebuireng, Ahmad Nauval Fanani, S.Pd ketika menempuh pendidikan di pesantren. 

Seperti kebiasaan santri pada umumnya, makan bersama menjadi satu momen yang sudah akrab dengan kehidupan santri di pesanten. Pada momen tersebut menjadi waktu paling menyenangkan bagi sebagian santri, karena pasti akan banyak cerita yang terlontar secara bergantian. Baik cerita suka maupun duka. 

Suatu saat di momen tersebut, Ahmad Nauval Fanani atau yang biasa dipanggil Pak Nauval ini turut menyumbang keluh kesahnya. Secara spontan salah satu temannya melontarkan kata dalam Bahasa Jawa "Koyok gak duwe Pengeran ae". 

Mendengar kata yang dilontarkan temannya tersebut, secara spontan juga membuat Pak Nauval mengintrospeksi diri dan menjadi tamparan keras karena telah lupa bahwa disetiap langkah yang dijalani ada campur tangan tuhan. Pada akhirnya berkat satu momen tak terlupakan ini, disetiap permasalahan ataupun cobaan yang dirasa sangat berat maka saat itu pula harus ingat bahwa selalu ada Allah yang selalu ada untuk hambanya.


Oleh Ahmad Nauval Fanani, S.Pd
*)diolah dari berbagai sumber

Lebih baru Lebih lama