Foto Bersama Narasumber dengan Peserta Sharing Session

SMP Sains Tebuireng - Demi meningkatkan kompetensi guru dan peserta didik serta tindak lanjut program dari MOU dengan IAIN Ponorogo sebagai pembina Karya Tulis Ilmiah, Sabtu (3/2/2024) SMP Sains Tebuireng menyelenggarakan kegiatan Sharing Session "Penelitian & Penulisan Karya Tulis Ilmiyah." Kegiatan dilaksanakan di Balai Diklat Pesantren Tebuireng dihadiri oleh guru mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sains dan Teknologi (Saintek) dan 80 perwakilan peserta didik kelas VII, VIII dan IX.  

Kegiatan dibuka dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Kepala SMP Sains Tebuireng, Bapak H. Haerul Anam, S.Pd.I dan dipandu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Kepegawaian, Bapak Abdul Hamid, S.Pd.

Selama kegiatan berlangsung, narasumber dari IAIN Ponorogo yang berjumlah 5 (lima) orang secara bergantian menyampaikan materi. Mulai dari cara penulisan hingga pemilihan materi.

Narasumber menyampaikan materi secara bergantian

Pada sesi penyampaian materi, narasumber menekankan kepada hal-hal sederhana yang ada di sekitar. Salah satu contohnya adalah limbah tebu, karena di Jombang ada dua pabrik gula besar yang produksinya sudah ada di skala besar. 

Langkah berikutnya adalah menentukan judul atau arah sudut penelitian. Setelah mendapatkan hasil dari penelitian tentang ampas tebu dan menemukan beberapa temuan, dapat diambil beberapa judul. Sehingga dalam satu bahan limbah bisa diambil beberapa judul.

Setelah sesi penyampaian selesai, sesi berikutnya diisi dengan Sharing Session antara narasumber bersama guru-guru yang menangani penulisan karya tulis ilmiah terkait keadaan di sekolah. Beberapa guru menyampaikan kesulitan serta hambatan yang pernah dialami, kemudian narasumber juga memberikan beberapa alternatif pilihan sebagai solusi dan jika di tengah proses penulisan terdapat suatu kendala, narasumber juga sangat siap membantu guru dalam membimbing peserta didik.




Proses Sharing Session antara guru dan narasumber







Lebih baru Lebih lama