SMP Sains Tebuireng - Hari ke 14 Bulan Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin (25/03/2024). Di momen tersebut terdapat doa khusus yang dapat dibaca umat muslim.

Mengingat di bulan suci ini menjadi waktu yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia guna memperbanyak amalan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan yang paling mudah dilakukan terntunya adalah berdoa.

Dikutip dari laman NU Online dijelaskan bahwa doa yang berpuasa adalah mustajab. Berkenaan dengan hal itu Rasulullah SAW bersabda : 

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Artinya: Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya. (HR Baihaqi)

Doa Ramadhan Hari Ke 14 adalah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ فِيْهِ بِالْعَثَرَاتِ وَ أَقِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَ الْهَفَوَاتِ وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ فِيْهِ غَرَضًا لِلْبَلايَا وَ الآفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: Ya Allah! Mohon Janganlah ENGKAU tuntut dari kami di bulan ini semua kesalahan yang aku lakukan. Hapuskan seluruh kesalahan dan kebodohanku. Hindarkan aku dari bencana dan malapetaka. Demi kemuliaan-MU, Wahai sandaran Kemulian kaum Muslimin.(2)


Keutamaan berpuasa di hari ke 14 Bulan Ramadhan 

Keutamaan puasa hari ke-14 bulan Ramadhan sebagaimana dikutip dari laman Universitas Al Azhar Indonesia yaitu:

"Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun."

Keutamaan tersebut sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah kitab shahih yang telah di "Tahqiq", yaitu kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah yang di tulis oleh Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi.(3)

*)diolah dari berbagai sumber
Lebih baru Lebih lama