SMP Sains Tebuireng - Rangkaian Kegiatan Tengah Semester (KTS) SMP Sains Tebuireng Tahun Pelajaran 2022/2023 telah usai. Mulai dari Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil hingga Pagelaran Sains dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad ï·º sukses terlaksana dengan lancar. Walaupun ketiga acara terlaksana dengan waktu persiapan yang relatif sangat singkat, tetapi Alhamdulillah setiap acara dapat terlaksana dengan baik.

Ketiga kegiatan tersebut terjadwal sejal tanggal 10 - 17 September 2022 merupakan pelaksanaan PTS, kemudian 28 September 2022 Pagelaran Sains, dan terakhir Peringatan Maulid Nabi Muhammad ï·º dilaksanakan pada 29 September 2022. 

Terselenggaranya Pagelaran Sains ini merupakan kegiatan pertunjukan perdana yang pernah dilaksanakan SMP Sains Tebuireng. Mengingat di tahun sebelumnya masa pandemi Covid 19 masih sangat tinggi sehingga tidak memungkinkan melaksanakan acara tersebut. Alhamdulillah di tahun ini Covid 19 sudah mulai reda dan mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai agenda yang telah ditetapkan sekolah.

Terwujudnya Pagelaran Sains merupakan satu wadah untuk menampung kreativitas peserta didik SMP Sains Tebuireng dalam mengimplementasikan Sains dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari pembuatan es krim dengan cara tradisional hingga pemanfaatan barang-barang kebersihan rumah tangga sebagai bahan baku peledak ringan. 

Tidak hanya sebatas percobaan semata, diantara penampilan masing-masing kelas juga terdapat tampilan drama teatrikal yang melibatkan unsur Sains lengkap beserta penjelasan detil atas kejadian-kejadian tertentu. Melalui beberapa penampilan tersebut, banyak diantara peserta didik dan guru yang melihat pagelaran merasa tercerahkan bahwa selama ini yang terjadi merupakan bagian dari Sains.

Semua peserta didik yang terbagi atas 18 kelas sukses menyuguhkan penampilan-penampilan yang berbeda. Sehingga peserta didik dan guru yang melihat pagelaran tidak bosan dalam melihat suguhan dari masing-masing kelas. Dari 18 kelas akhirnya dipilih 3 penampilan terbaik dari masing-masing angkatan.

Berlanjut pada keesokan harinya, beralih pada kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad ï·º. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah, kemudian pembacaan diba' oleh kelompok Al Banjari sekolah, selanjutnya Mauidhoh Hasanah Oleh KH. Ahmad Roziqi, Lc., M.Hi, dan terakhir ditutup dengan Do'a.

Acara yang berlangsung di hari Kamis itu mampu membuat semua warga SMP Sains Tebuireng terlarut dalam pembacaan sholawat dan hikmat dalam mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh pembicara.

18 Judul Penampilan Pagelaran Sains : 
1. 7A Drama Sir Isaac Newton
2. 7B King Plong Sea Bang
3. 7C Magic Balon
4. 7D Jembatan Hidrolik
5. 7E Rangkaian Listrik (kota malam strategis)
6. 7F Dramatis Tokoh Kematian Seorang Ilmuan bernama Socrates
7. 7G Drama Terjadinya Gerhana
8. 8A Science War
9. 8B Es Krim
10. 8C Ilmuan Cilik Sidorabeh
11. 8D Nilai Phi
12. 8E Dramatika Aritmatika Sosial
13. 8F Minidrama "Pertempuran Jaman Dulu"
14. 9A Jujutsu Sains
15. 9B The Magic Science
16. 9C The Scientist House
17. 9D Friendly Fire
18. 9E Asap Aladin & Pasta Jumbo

Berikut sedikit potret kegiatan Pagelaran Sains dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad ï·º di SMP Sains Tebuireng:
Silakan kunjungi youtube berikut untuk melihat video dokumentasi acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad ï·º dan Pagelaran Sains Tahun 2022























Lebih baru Lebih lama