SMP Sains Tebuireng - Sabtu (12/10) SMP Sains Tebuireng kembali mendapat kunjungan dari SD Nahdlatul Ulama Gresik. Kunjungan ke SMP Sains Tebuireng ini merupakan program tahunan kunjungan ke Pondok Pesantren yang rutin dilaksanakan SD Nahdlatul Ulama Gresik sebagai pengenalan dan memberikan referensi tambahan terhadap peserta didik akan sekolah lanjutan setelah lulus dari bangku sekolah dasar.

Setibanya di Pesantren Sains Tebuireng, seluruh rombongan yang terdiri dari 61 Peserta didik putra dan 55 peserta didik putri, beserta 10 orang guru disambut di Masjid Shalahuddin Wahid untuk diberi sedikit gambaran tentang SMP Sains Tebuireng. Setelah penyambutan di masjid, kegiatan berikutnya adalah mengelilingi lingkungan Pesantren Sains Tebuireng, mulai dari letak asrama, sekolah hingga semua fasilitas yang ada di lingkungan pesantren.

Tidak hanya berkeliling dan pengenalan tentang pesantren saja, di SMP Sains Tebuireng peserta didik asal SD Nahdlatul Ulama Gresik juga disuguhkan dengan berbagai kegiatan percobaan Sains yang kerap dipraktikkan selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Mulai dari pemanfaatan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah hingga kiat sukses menanam dengan cara hidroponik serta memanfaatkan panel surya guna menjalankan perputaran air yang digunakan sebagai media tanam.


Penampilan yang disuguhkan bukan hanya percobaan semata, melainkan terdapat penjelasan-penjelasan singkat dan juga manfaat atas apa yang ditampilkan. Seperti halnya tentang cara kerja jembatan hidrolis, singga proses gunung meletus, sehingga semua peserta didik paham dan mengetahui bahwa ada penjelasan ilmiah atas kejadian yang pernah dialami dalm kehidupan sehari-hari.

Selama kegiatan berlangsung Alhamdulillah semua peserta didik dan guru pendamping asal SD Nahdlatul Ulama terhibur dan terkesan akan percobaan yang ditampilakan peserta didik SMP Sains Tebuireng. Semoga semua orang yang hadir dan mengikuti kegiatan ini mendapatkan manfaat positif. 


















Lebih baru Lebih lama