SMP Sains Tebuireng - Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Keutamaan selanjutnya adalah memberi syafaat di akhirat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

Dua keutamaan membaca Al Qur'an di atas menjadi dua dari berjuta keutamaan yang dijadikan landasan SMP Sains Tebuireng dalam menggenjot semangat peserta didik beserta seluruh warga SMP Sains Tebuireng supaya mau meluangkan waktunya untuk membaca Al Qur'an. Salah satunya jika di lingkungan warga sekolah adanya kebiasaan satu minggu satu jus dan melaksanakan Khotmil Qur'an bersama-sama di sekolah. Sedangkan untuk siswa juga sama, yang nantinya pelaksanaan Khotmil Qur'an bersama-sama saat setelah melaksanakan sholat dhuha berjamaah di sekolah. 

Selanjutnya demi mempersiapkan Ujian Sertifikasi Al Qur'an yang dilaksanakan yayasan untuk Kelas IX, sekolah memiliki program Evaluasi Al Qur'an sebagai simulasi menjelang pelaksanaan sertifikasi sesungguhnya. Bisa dikatakan simulasi karena sekolah melaksanakan evaluasi layaknya teknis serta mengundang penguji yang berasal dari lembaga serupa seperti ujian sertifikasi yayasan.

Hasil dari Evaluasi Al Qur'an yang dilaksanakan sekolah bisa dijadikan bahan evaluasi atas kemampuan membaca Al Qur'an peserta didik. Apabila dari hasil evaluasi terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil kurang baik, maka sekolah akan mengambil langkah cepat sebagai persiapan menghadapi Ujian Sertifikasi Al Qur'an yang dilaksanakan oleh Yayasan Pesantren Tebuireng.

Ikhtiar ini dilakukan demi kebaikan bersama, diharapkan semua warga SMP Sains Tebuireng mulai dari peserta didik, guru, karyawan beserta seluruh jajaran pimpinan memiliki kebiasaan membaca Al Qur'an.

Berikut potret pelaksanaan Ujian Evaluasi Al Qur'an yang dilaksanakan Sekolah pada Sabtu (28/01/2023):










Lebih baru Lebih lama