"Membaca adalah Jendela Dunia"

Inspirasi Story - Kutipan kata di atas mungkin sering kita dengar atau pernah mengetahuinya. Benar bahwa membaca adalah jendela dunia. Sebab dengan membaca, kita akan mendapatkan berbagai manfaat, baik dari segi kesehatan maupun pengetahuan sehingga bermafaat dalam rangka meningkatan kompetensi, menambah wawasan dan memperoleh pelajaran hidup dari bacaan tersebut.

Laiknya buku berjudul "Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodoh Amat" karya Mark Manson. Di awal buku kita akan disajikan bab tentang "Jangan Berusaha." Secara spontan membaca pernyataan ini tentu sangat berlawanan dengan prinsip atau nilai hidup yang dipegang seseorang supaya selalu berusaha semaksimal mungkin agar dapat memperoleh sesuatu. 

Tetapi melalui buku ini penulis ingin menyampaikan bahwa terkadang bersikap "Bodo Amat" itu perlu, karena ada banyak ambisi, kekurangan, serta kegagalan pribadi yang mungkin justru bisa menjadi boomerang atau bahkan merugikan diri sendiri. Seperti halnya seseorang berlomba menjadi cantik, karena merasa jelek. Melakukan diet ketat karena tidak percaya diri. Berusaha menambah berat badan, karena merasa terlalu kurus. 

Oleh sebab itu terkadang bersikap "Bodoh Amat" memang diperlukan, karena banyak hal-hal positif lain yang dapat dikerjakan. Dari buku karya Mark Manson ini dijelaskan juga bahwa ada tiga seni untuk bersikap "Bodoh Amat," yakni:

  1. "Masa Bodoh" bukan berarti menjadi acus tak acuh terhadap keadaan, melainkan "Masa Bodoh" berarti nyaman saat menjadi berbeda.
  2. Mengatakan "Bodoh Amat" pada kesulitan, pertama harus perduli dengan sesuatu yang jauh lebih penting.
  3. Selalu memilah dan memilih suatu hal yang lebih baik untuk diperhatikan.
*) dioalah dari berbagai sumber
*) disampaikan oleh Anggun Tri Pamungkas, S.Pd

Lebih baru Lebih lama