SMP Sains Tebuireng - Sabtu (24/02/2024) pagi, terlihat peserta didik bersama guru kelas VII dan VIII berbaris rapi di halaman depan SMP Sains Tebuireng. Peserta didik dan beberapa guru tersebut terlihat dengan kompak melaksanakan senam SKJ Pelajar dan gerakan kreasi Pelajar Pancasila.

Kegiatan senam dikomando oleh beberapa peserta didik perwakilan kelas VII dan VIII. Baik intruktur peserta didik putra maupun putri mampu menyajikan gerakan senam yang bervariasi. Sehingga peserta didik dan guru dapat mengikuti senam dengan ceria.

Senam di pagi hari ini menjadi kegiatan pemula dari pembukaan pekan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang akan dilaksanakan dalam waktu satu pekan kedepan. Seusai melaksanakan senam, kegiatan berlanjut dengan sambutan dari Kepala SMP Sains Tebuireng, Bapak H. Haerul Anam, S.Pd.I.

Kepala SMP Sains Tebuireng membuka kegiatan

Ketika memberikan sambutan, Bapak H. Haerul Anam, S.Pd.I berpesan agar seluruh peserta didik dapat mengikuti seluruh tahapan dengan baik. Walaupun nanti ada satu atau dua kelompok yang mungkin memperoleh hasil kurang maksimal, tetapi jika setiap aspek mampu dikerjakan dengan baik maka masih bisa dimaklumi. Tetapi tidak bisa disepelekan.

Projek P5 SMP Sains Tebuireng menggambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan." Melalui tema ini, tim P5 SMP Sains Tebuireng akan menghasilkan 3 (tiga) produk. Yakni  Pot Bunga dari kain bekas, Pot Bunga dari botol air mineral tidak terpakai dan Pewarna Kain Alami Teknik Opounding.

Harapannya, setelah menghasilkan produk-produk ini seluruh peserta didik mampu menerapkan aspek-aspek yang ada dalam P5. Sehingga peserta didik memiliki karakteristik di bawah ini :

  1. Memiliki jati diri yang kuat dan mantap. Harapannya siswa dapat mengenali dirinya sendiri dan memiliki pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai Pancasila yang harus dipegang teguh dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menghargai keberagaman dan memahami perbedaan. Harapannya siswa dapat menghargai keberagaman dalam masyarakat dan memahami bahwa perbedaan adalah hal yang wajar dan dapat memperkaya kehidupan.
  3. Menjaga kebersamaan dalam budaya yang beragam. Harapannya siswa dapat menjaga kebersamaan dalam budaya yang beragam dan dapat menghargai budaya-budaya yang ada di sekitarnya.
  4. Menjaga lingkungan hidup dan alam. Harapannya siswa dapat menghargai alam dan lingkungan sekitar serta dapat melakukan tindakan yang berkelanjutan dalam menjaga kelestariannya.
  5. Cinta tanah air dan nasionalisme. Harapannya siswa dapat mencintai tanah air dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat, serta siap untuk berkontribusi positif untuk negara dan bangsa.




Lebih baru Lebih lama