SMP Sains Tebuireng - Berjalannya Tahun Pelajaran 2021/2022 maka bersamaan dengan itu juga sudah saatnya pergantian jabatan Presiden beserta jajaran Organisasi Santri SMP Sains (ORSAINS) Tebuireng Masa Amal 2020/2021. Oleh karena itu pada Sabtu (18/09/2021) SMP Sains Tebuireng melaksanakan pemilihan Presiden ORSAINS Putri Masa Amal 2021/2022.
        Prosesnya pun didesain semirip mungkin dengan Pemilu Pilkada pada umumnya. Mulai dari Debat Capres yang dilaksanakan di malam sebelumnya dan juga pada saat prosesi pemungutan suara berlangsung. Saat proses pemungutan suara diawali dengan mengisi daftar hadir, pemilihan Capres di bilik suara, hingga pemberian tinta pada jari pemilih. Pemilihnya terdiri dari seluruh pimpinan, guru dan karyawan, hingga pembina asrama.
        Pada pesta Demokrasi di SMP Sains Tebuireng ini memiliki satu ke khas an tersendiri yang mungkin belum pernah dijumpai di tempat lain, karena sistem pemungutan suaranya menggunakan Google Form yang sudah disiapkan panita. Bahkan seluruh panitia berasal dari anggota ORSAINS sendiri, sehingga seluruh proses Pemilu disiapkan oleh siswa-siswi SMP Sains Tebuireng. Pembina ORSAINS hanya sebagai pendamping dan membantu keberlangsungan setiap proses.
        Dari berlangsungnya kegiatan ini nantinya siswa-siswi lulusan SMP Sains Tebuireng mampu berorganisasi dengan baik, serta mampu menjadi pemimpin di masyarakat umum.

Berikut beberapa rekam digital pelaksanaan Pesta Demokrasi di SMP Sains Tebuireng:












Lebih baru Lebih lama