SMP Sains Tebuireng - Pramuka merupakan satu ekstrakurikuler wajib di SMP Sains Tebuireng. Melalui Ekstrakurikuler Pramuka diharapkan peserta didik SMP Sains Tebuireng mendapatkan 6 manfaat kepramukaan, yakni :

1. Menambah Rasa Percaya Diri. Di setiap kegiatan ekstrakurikuler akan selalu dikelilingi oleh sesama anggota pramuka yang saling mendukung, sehingga peserta didik dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih berani, percaya diri, dan memiliki rasa empati antar sesama.

2. Mendukung Perkembangan Emosional Sosial. Melalui kegiatan yang dilakukan secara berkelompok mampu melatih peserta didik untuk aktif berpendapat, menyelesaikan konflik ataupun permasalahan melalui diskusi, mengungkapkan atau meluapkan emosi secara positif, menghargai perbedaan antar sesama, mengenali isyarat nonverbal, dan berbagai keterampilan lain yang mendukung perkembangan sosial emosional peserta didik.

3. Memupuk Tanggungjawab dan Disiplin. Menurut The Scout Association, manfaat ikut pramuka pada aspek ini bukan hanya mendukung pendidikan anak ketika berada di sekolah saja, tapi juga menjadi kualitas pribadi yang penting agar bisa sukses dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan karier di masa depan.

4. Belajar Keterampilan Hidup. Menurut informasi dalam situs resmi Girl Scouts of the USA, seluruh anggota pramuka dilatih untuk terbiasa menjalin hubungan sehat, literasi keuangan, hidup sehat, serta berkontribusi melakukan perubahan positif pada masyarakat.

5. Leadership atau Kepemimpinan. Hasil studi yang dilakukan Tufts University menyatakan, salah satu manfaat penting dari kegiatan kepramukaan bagi anak adalah besarnya kesempatan mengasah jiwa kepemimpinan dalam berbagai kegiatan. Sehingga ketika terjun dalam masyarakat, mampu memberikan contoh positif bagi lingkungan sekitar.

6. Sehat Mental dan Fisik. Dalam studi yang dilansir US Forest Service, aktivitas kepramukaan yang  dilakukan di alam bebas memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan mata, pernafasan, jantung, dan otot. Hal itu karena semua panca indra mendapatkan asupan positif dari alam sekitar yang masih terhindar dari kerusakan lingkungan ataupun polusi udara yang sudah jarang diperoleh di perkotaan.

Berikut potret keseruan peserta didik putra SMP Sains Tebuireng dalam menjalani Ekstrakurikuler Pramuka pada Ahad, (17/07):










Lebih baru Lebih lama