SMP Sains Tebuireng - Memasuki Tahun Pelajaran 2022/2023, terjadi perubahan yang cukup signifikan pada dunia pendidikan. Hal itu terjadi karena adanya perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum biasanya terjadi setiap lima tahun sekali. Namun, bisa saja terjadi lebih cepat ataupun bahkan lebih lama.
        
        Seperti yang terjadi saat ini. Secara resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan bahwa mulai tahun pelajaran ini akan berlaku kurikulum baru yakni Kurikulum Merdeka. Melalui laman ditpsd.kemdikbud.go.id dijelaskan bahwa Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

        Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

            Setelah keputusan tersebut keluar, dengan sigap Kepala SMP Sains Tebuireng mengambil langkah cepat untuk melakukan serangkaian kegiatan pembekalan dan pelatihan terhadap guru-guru kelas VII yang akan langsung terjun menerapkan kurikulum ini. Baik melalui kegiatan yang dilatari oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Yayasan Pesantren Tebuireng, hingga secara mandiri mendatangkan Pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang untuk membimbing dan mengarahkan guru yang ditunjuk supaya mampu memahami serta mengambil langkah tepat dalam menjalani Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

            Berkat sederet pelatihan yang diikuti guru dan pimpinan, Alhamdulillah SMP Sains Tebuireng mampu menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai anjuran dari Kemendikbudristek. Melalui segala pertimbangan, pada akhirnya ditetapkan bahwa setiap hari Kamis ditentukan sebagai jadwal Projek P5. 

Berikut sederet proses pelatihan dan keseruan Projek P5 di SMP Sains Tebuireng:


Pelatihan IKM Oleh Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang


Pelaksanaan Projek P5









Lebih baru Lebih lama