Inspirasi Story - Segala sesuatu yang ada di muka Bumi pasti memiliki tempat dan fungsinya masing-masing. Laiknya sebuah kisah tentang uang berikut ini. 

Memang secara fungsi keberadaan uang sangat beguna bagi manusia sebagai alat pembayaran. Tetapi jika diingat kembali, uang juga terbagi menjadi uang kertas dan koin. 

Bagi sebagian orang lebih menyukai membawa uang kertas dari pada uang koin yang dirasa kurang nyaman untuk dibawa kemana-mana karena memerlukan ruang khusus supaya tidak berbunyi ataupun jatuh saat dibawa. Melalui alasan tersebut akhirnya keberadaan uang koin lebih sering disepelekan. 

Bahkan bagi sebagian penjual toko juga demikian, banyak diantaranya yang lebih memilih menggunakan permen sebagai uang kembali. Mungkin secara nominal sudah sama dengan harga permen yang diberikan. Tetapi sebenarnya jika dilihat secara fungsi sudah berbeda dan kini sudah menjadi kebiasaan. 

Tetapi, di lain tempat ataupun bagi sebagian orang uang koin masih sangat diperlukan. Satu contoh kecil adalah pada tempat bermain yang ada di supermarket. Di sana masih bisa dijumpai penggunaan koin sebagai alat untuk memulai permainan. 

Melalui dua fungsi ini bisa disimpulkan bahwa antara uang kertas dan koin sebenarnya dua hal yang sama pentingnya, tinggal bagaimana cara memanfaatkannya. Selanjutnya jika ditarik dalam kehidupan sehari-hari, hal ini seperti halnya manusia. Sebagai manusia harus yakin bahwa setiap manusia memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan dan tentunya berguna bagi manusia lainnya.

Oleh Naila Sa'datul Amdah, S.Ag
*)diolah dari berbagai sumber

Lebih baru Lebih lama